Copyright © Kopisenja || Design by Gamesin

About Us

Kopisenja adalah blog yang berisi tentang pertanian dsn peternakan

Contact Form

Ilmu Dasar Tentang Pakan Ternak


Kopisenja - Dalam beternak tentunya membutuhkan pakan yang dibutuhkan oleh ternak itu sendiri untuk pertumbuhan dan perkembangan, pakan mempunyai berbagai jenis golongan dan disesuaikan dengan jenis ternak juga. Berikut adalah penggolongan jenis bahan pakan :




Ilmu Dasar Tentang Pakan Ternak



Jenis Bahan Pakan



Bahan Pakan dapat diartikan segala sesuatu yang dapat dimakan dan dicerna sebagian atau seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tanpa mengganggu kesehatan ternak itu sendiri.



Penggolongan Bahan pakan

Bahan pakan berdasarkan jenisnya


  • Bahan pakan hewani yaitu bahan pakan yang berasal dari hewan dan hasil ikutannya (limbah ternak). Contoh bahan pakan yang berasal dari hewan dan hasil ikutannya seperti tepung daging, tepung hati, tepung darah, tepung tulang, tepung kerang, dan tepung bulu ayam. Dari hasil pengolahan ada susu skim, butter milk dan whey. Adapun dari lautan yaitu seperti limbah kepala udang dan limbah ikan yang diolah menjadi tepung.
  • Bahan pakan nabati yaitu bahan pakan yang berasal dari tumbuhan atau tanaman dan hasil ikutannya (limbah pertanian). Berikut adalah jenis-jenis bahan pakan nabati beserta contohnya :
    • Bahan pakan yang berasal dari tumbuhan atau tanaman dan hasil ikutannya seperti jagung, bekatul, dedak padi, polard (dedak gandum), ampas bir, bungkil kedelai, ampas tahu, bungkil kacang.
    • Bahan pakan yang berasal dari umbi-umbian yaitu seperti ubi kayu, ubi jalar, daun ubi kayu, daun ubi jalar, jerami ubi jalar.
    • Bahan pakan yang berasal dari perkebunan contohnya ampas tebu, bungkil kelapa.
    • Bahan pakan yang berasal dari limbah pertanian yaitu jerami padi, jerami jagung, jerami kedelai.
    • Bahan pakan yang berasal dari hijauan yaitu rumput gajah, rumbut benggala, rumput setaria dan segala jenis rumput.
    • Bahan pakan yang berasal dari kacang-kacangan yang memiliki kandungan sebagai sumber protein nabati seperti kacang sentro, kacang stilo, kaliandra, lamtoro, turi.


Bahan pakan berdasarkan bentuknya

  • Bahan pakan bentuk butiran, bahan pakan ini sangat disukai oleh ternah unggas seperti jagung, gandum, shorgum dan lain-lain. Bahan pakan ini dapat digunakan untuk ransum ternak unggas dengan komposisi ekonomis mencapai 25%.
  • Bahan pakan bentuk tepung, bahan pakan ini biasanya diberikan kepada ternak ruminansia karena ruminansia tidak bisa mencerna bahan pakan berupa butiran dan bahan pakan ini memiliki komposisi ekonomis 25-35%. Contoh bahan pakan jadi yang dijual dipoultry seperti konsentrat, feed suplement dan sebagainya. Dan bahan pakan yang berasal dari nabati dan hewani yang berbentuk tepung seperti tepung ikan, tepung daging, tepung singkong, dedak padi, dan lain-lain.
  • Bahan pakan bentuk pilih (bongkahan, serpihan, pipih), bahan pakan ini biasanya digunakan untuk ternak unggas dengan komposisi ekonomis 10-25%. contoh bahan pakan berbentuk pilih yaitu bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah. 
  • Bahan pakan bentuk cair, bahan pakan ini dapat dijumpai dari hasil samping industri atau juga diproduksi untuk ternak itu sendiri sebagai bahan tambahan ransum. Contoh bahan pakan yang berbentuk cair yaitu tetes (mollases blok) hasil samping industri pembuatan tebu, minyak goreng, minyak ikan dan lain-lain


Jenis bahan pakan berdasarkan kandungan nutrisinya


  • Bahan pakan sumber protein, merupakan bahan pakan yang kaya akan protein dengan nilai protein diatas ≥20% dan serat kandungan serat kasar ≤18%. Bahan pakan kaya akan protein umumnya berasal dari hewan seperti tepung ikan, tepung daging, tepung udang dan sebagainya. Adapun dari tumbuhan yaitu dari kacang tanah, kacang kedelai, daun turu, bungkil kacang kedelai, petai cina dan sebagainya.
  • Bahan pakan sumber energi, merupakan bahan pakan yang memiliki kandungan protein dibawah ≤20% dan kandungan serat kasar ≤18%. Contoh bahan pakan sumber energi seperti jagung, gandum, dedak padi, kulit buah pisang, umbi singkong dan sebagainya. 
  • Bahan pakan sumber mineral, mineral paling banyak terdapat dari hewan dan sebagian kecil dari tumbuhan. Contohnya adalah tepung tulang, tepung kulit kerang. Mineral juga memiliki fungsi pada ternak sebagai berikut :
    1. Perbaikan dan pertumbuhan jaringan oleh mineral Ca & P.
    2. Memelihara kondisi ionik dalam tubuh. 
    3. Memelihara keseimbangan asam basa dalam tubuh. Dan lain-lain.
  • Bahan pakan sumber vitamin, merupakan komponen organik yang mempunyai peranan penting di dalam metabolisme tubuh ternak. Vitamin ini dibutuhkan ternak dalam jumlah sedikit tetapi berguna untuk ternak. Contohnya adalah yang berasal dari buah seperti jeruk yang mengandung vitamin C dan sebagainya.


Demikian artikel tentang ilmu dasar penggolongan jenis pakan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

Related Posts

Post a Comment